Home Bisnis Online 3 Skill Wajib Untuk Membangun Bisnis Online

3 Skill Wajib Untuk Membangun Bisnis Online

by Hendry Rudiansyah

Membahas tentang model bisnis zaman sekarang, maka kita tak akan terlepas dari yang namanya bisnis online. Ya, bisnis online telah mengubah pola pikir banyak orang tentang arti bisnis. Jika dulu, seseorang berbisnis harus pergi ke luar rumah, sekarang berbeda. Hanya dengan stay di rumah, diam di depan PC atau laptop, uang bisa diperoleh. Jika dulu, untuk bisa membangun bisnis besar dibutuhkan modal yang besar. Maka sekarang, untuk membangun bisnis yang besar tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Mari kita lihat contoh realnya,
Dulu, ketika kita hendak berjualan barang maka kita harus memiliki stand. Ya, tempat kita menjual barang. Entah itu berupa ruko, atau stand pinggir jalan. Yang pasti, kita harus menyediakan sebuah tempat untuk kita berjualan.
Namun sekarang, jika Anda ingin berjualan, anda tinggal buka Hp, masuk ke Tokopedia, Bukalapak, atau marketplace lainnya. Post produk Anda di dalamnya. Selesai…
Tanpa perlu sewa ruko, tanpa perlu cari tanah lapang. Cukup menggunakan Hp dan adanya koneksi internet, Anda sudah bisa berjualan.
Itulah bisnis online. Efektif dan juga efisien.

Pertanyaannya,

Apakah Anda adalah bagian dari pebisnis online ini? Atau Anda baru ingin memulainya?
Jika Anda berencana membangun bisnis online, setidaknya ada 3 skill wajib yang harus Anda kuasai. Apa saja 3 skill wajib untuk membangun bisnis online itu ? Berikut penjabarannya.

1- Web Development

Untuk membangun bisnis online, Anda harus memiliki kemampuan membuat website. Tidak sekedar website, namun harus professional. Agar bisnis Anda tidak dipandang sebelah mata oleh publik. Jika web anda professional, maka bisnis anda akan dipandang sebagai bisnis yang professional pula. Namun jika web anda asal-asalan, maka bisnis anda juga akan dianggap asal-asalan.

2- SEO (Search Engine Optimization)

Yang kedua adalah Search Engine Optimization, atau lebih dikenal dengan sebutan SEO. Artinya mengoptimasi mesin pencarian agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti google, bing, dan lain-lainnya. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung yang bersumber dari mesin pencari. Anda bisa saja bermain iklan untuk mendapatkan banyak pengunjung web. Namun anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit secara terus menerus. Tetapi jika anda telah mengusai teknik SEO, maka anda tak perlu spend budget. Cukup lakukan optimasi, maka pengunjung akan datang sendiri.

3- Monetize (Monetisasi)

Yang ketiga monetisasi website Anda. Jika tujuan anda membuat sebuah website adalah untuk bisnis, maka anda harus paham monetisasi. Artinya bagaimana caranya agar website Anda bisa menghasilkan uang. Apakah Anda ingin menjadikannya toko online, website affiliate, publisher adsense, atau apapun yang lainnya.

Itulah 3 skill wajib untuk membangun bisnis online yang harus Anda kuasai. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang 3 skill wajib ini, Anda bisa join di e-course yang membahas detail tentang 3 skill wajib diatas. Yaitu bagaimana cara membuat website professional, bagaimana teknik SEO, dan bagaimana memonetisasi website agar bisa menghasilkan uang. Anda bisa join atau lihat info selengkapnya disini.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.