Home Tips & Motivasi 4 Cara Agar Tetap Fokus Pada Tujuan

4 Cara Agar Tetap Fokus Pada Tujuan

by Hendry Rudiansyah

Setiap orang memiliki tujuan hidup tertentu. Namun tidak sedikit yang mendapatkan berbagai macam gangguan hingga akhirnya semua tertunda. Begitu juga dalam hal pekerjaan, ketika seseorang sedang bekerja tidak jarang juga gangguan demi gangguan datang menghampirinya. Banyak faktor yang dapat mengganggu fokus seseorang sehingga membuat semua tujuannya tidak tercapai.

Itu semua terjadi disebabkan karena kurangnya fokus pada tujuan Anda. Atau mungkin masalah berasal dari otak Anda? Mungkin Anda malas. Penelitian menunjukkan bahwa di waktu luang kita sering tidak melakukan apa yang sebenarnya harus kita kerjakan. Seolah-olah otak Anda tidak ingin membuang-buang energi, itu menjadikan Anda malas. Masalahnya, dunia tidak malas, waktu terus berputar, hari-hari terus berjalan saat Anda sedang bermalas-malasan.

Untuk menghindari semua itu, Anda dapat melakukan hal-hal berikut agar tetap fokus pada tujuan Anda.

1- Tetap Tenang

Hal yang pertama perlu dilakukan adalah Anda tetap tenang. Tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan akan meningkatkan fokus terhadap tujuan Anda. Pertimbangkan dengan hati-hati apa yang Anda rencanakan, dan apa yang Anda ingin kerjakan untuk tujuan Anda.

2- Kontrol Sesuatu Yang Berpotensi Menggangu Anda

Ada seorang ahli psikologi bernama Dr. Glenn Wilson, beliau meneliti bahwa orang yang sedang bekerja yang sering terganggu karena “dipanggil” handphonenya, mengalami penurunan 10% dari IQnya.
Kebanyakan orang meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa mengganggu dan membuat gagal rencana tujuan Anda. Atau mungkin bahkan Anda tidak menyadarinya. Contoh kecil ialah seperti scrolling timeline social media seperti facebook, instagram, dan lain-lainnya. Entah apa tujuannya, tapi hal sekecil itupun dapat mengganggu fokus Anda. Anda bisa menghindarinya agar Anda tetap fokus. Atau mungkin “menguranginya”. Misalkan membuka facebook hanya untuk update status atau membalas komentar saja, tidak untuk scrolling yang gak jelas.

3- Buat Agenda Kebiasaan

Kita semua punya hasrat cenderung mau melakukan hal apa saja setiap harinya, termasuk kerjaan yang nggak penting. Nah, dengan mengubah segala “agenda pekerjaan” Anda menjadi “agenda kebiasaan” Anda, maka otak Anda akan merekam kebiasaan Anda di pikiran bawah sadar. Yang kemudian akan membuat Anda anti dengan pekerjaan nggak penting. Sebaliknya,  malah fokus dan konsentrasi habis-habisan pada yang penting (kebiasaan). Untuk melakukannya Anda bisa membuat agenda harian. Misalnya mulai dari bangun tidur hingga malam Anda akan melakukan apa saja. Aktifitas apa yang ingin Anda kerjakan. Contoh, sepeti ini :

  • Bangun jam sekian WIB
  • Sholat Shubuh
  • Kajian Shubuh
  • Olahraga
  • Beres-beresin Rumah
  • Mandi
  • Sholat dhuha
  • Mulai kerjaan yang sulit dulu
  • Istirahat 40 menit
  • Kerja lagi
  • Istirahat lagi
  • Sholat dzuhur
  • Makan siang
  • Dan seterusnya..

Anda bisa buat sesuai dengan tujuan Anda.

4- Ingat Tujuan Anda

Pastikan target / tujuan Anda menjadi prioritas. Ketika Anda ingin melakukan hal lain diluar tujuan target / tujuan Anda, maka ingatlah targat / tujuan Anda. Dengan mengingat tujuan Anda, maka Anda akan termotivasi lagi untuk mencapainya dan mengerjakannya secara konsisten.
Arsene Wanger, seorang manager club sepak bola Arsenal, mengatakan, “Kita bisa sebetulnya melatih otak kita supaya bisa fokus, agar nantinya konsisten fokus terus-menerus… Memang tentunya untuk hal itu, kita perlu motivasi.. Tapi tak cukup motivasi saja, Anda juga butuh konsistensi pada motivasi tersebut..”

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.