Home Bisnis Online 4 Keinginan Customer Yang Tidak Akan Pernah Berubah

4 Keinginan Customer Yang Tidak Akan Pernah Berubah

by Hendry Rudiansyah

Sebagai pebisnis online, kita seringkali mengalami perubahan demi perubahan. Seperti google yang selalu merubah algoritmanya. Begitu juga dengan facebook yang selalu berubah tahap demi tahap. Di bisnis online, bahkan kita sendiri bisa menjadi pelaku dari perubahan itu. Menariknya, ada satu hal yang tidak berubah dan sering dilupakan oleh para pebisnis online. Keinginan Customer, inilah hal yang tidak akan pernah berubah dan sering terlupa dibenak para pebisnis online. Keinginan customer ini terbagi menjadi 4. Yaitu :

1# Customer Selalu Ingin Dilayani Dengan Baik

Inilah yang paling utama. Customer selalu ingin dilayani dengan baik. Jika di toko offline seperti supermarket atau mall biasanya pada saat belanja, customer ingin ditemani oleh marketing atau salesnya mulai dari datang sampai pulang. Begitu juga di toko online, customer pun ingin “dilayani” dengan sebaik-baiknya. Artinya customer ingin kemudahan berbelanja. Mulai dari login member, pilih produk, hingga transfer.

Untuk poin ini bisa diatasi dengan system yang canggih, web toko online yang professional, serba otomatis, atau menggunakan theme yang lengkap. Sehingga customer akan merasa nyaman dan mudah saat belanja di toko online anda.

2# Customer Ingin Beli Produk Sesuai Yang Dimaksud

Sebagai customer, tidak jarang orang yang menuntut kesempurnaan dari produk yang dibeli. Kesempurnaan dalam arti adalah sesuai yang customer inginkan. Contohnya ketika customer membeli bedroom set di toko furniture. Biasanya ada yang dijual sudah include mattras, ada juga yang belum include mattras. Sebagai customer pasti beranggapan sudah include dengan mattras, karena namanya saja bedroom set. Tetapi ternyata tidak semua toko furniture yang menjual bedroom set sudah include dengan mattras. Inilah pentinggnya kedekatan dengan customer. Agar kita sebagai penjual dapat mengerti apa yang di inginkannya.
Contoh lainnya, jika customer belanja online. Mereka ingin beli produk sesuai dengan gambar yang dilihat. Jika yang dilihat produk A, maka yang diterima harus A. Jika yang dilihat warna Merah, maka yang diterima harus Merah. Sebagai penjual online, anda harus menggunakan gambar berkualitas HD, sehingga produk dapat terlihat jelas.

3# Customer Ingin Beli Produk Dengan Harga Murah

Poin ketiga ini sepertinya seringkali kita temui dimanapun. Seperti di pasar yang sering terjadi tawar menawar harga. Pertanyaannya jika di toko online apakah bisa tawar menawar…??
Jawaban bisa iya, bisa tidak. Memang ada toko online yang menyediakan fitur tawar harga, itu dibangun dengan system otomatis. Bagaimana dengan toko online yang harganya tidak bisa ditawar…??
Jika baru pertama kali mengunjungi sebuah toko online, customer pasti tidak akan langsung beli meskipun dia membutuhkan produknya. Kebanyakan mereka akan mencari harga yang lebih murah di toko lain.

Disinilah dibutuhkannya edukasi terhadap customer. Edukasi tentang produknya, kelebihan produknya, manfaatnya, dan lain-lainnya. Jika customer sudah teredukasi dengan baik, maka berapa pun harganya pasti akan terlihat murah.

4# Customer Ingin Cepat Menerima Barang Yang Dibeli

Tidak jarang juga kita temui customer yang meminta pengiriman cepat. Saya pun jika membeli produk di toko online, pasti ingin cepat menerima produk yang saya beli. Karena saya ingin cepat menggunakannya. Begitu pula dengan customer. Mereka pasti ingin cepat menerima barang yang sudah dibeli. Tugas kita sebagai penjual adalah bagaimana cara kita me-manage team delivery. Atau bagaimana kerjasama kita terhadap ekspedisi. Itu semua harus berjalan dengan baik, sehingga tidak ada kendala pada saat pengiriman.

Inilah 4 keinginan customer yang sering kita temui. Dan ini tidak akan pernah berubah sampai kapanpun. Tugas penjual adalah sebisa mungkin menuruti keinginannya. Sebab customer is customer. 

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.