Home Bisnis Online 4 Kesalahan Umum Pebisnis Online Pemula

4 Kesalahan Umum Pebisnis Online Pemula

by Hendry Rudiansyah

Bisnis online memang sudah semakin menjamur saat ini. Sudah banyak pengusaha / pebisnis offline yang imigrasi ke dunia online. Alasannya tidak lain adalah karena mereka menyadari perkembangan zaman. Dimana orang sudah lebih memilih diam dirumah menghadap laptop/komputer, dan memanfaatkan fasilitas internet. Tapi, tidak mudah untuk memulai bisnis online. Bahkan mereka yang sebelumnya punya bisnis atau usaha di offline pun tidak mudah untuk imigrasi ke dunia online. Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat baru menjalankan bisnis di dunia online. Berikut saya rangkum 4 kesalahan umum pebisnis online pemula.

1# Ingin Cepat Profit

Ini kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pebisnis online pemula. “Mindset” yang ingin cepat mendapatkan keuntungan. Memang banyak para mastah yang bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah walau hanya dalam hitungan hari. Tapi jauh sebelum itu, mereka pun pasti harus melewati sebuah proses. Untuk itu mindset yang seharusnya diterapkan saat ingin menjalankan bisnis online ialah, “siap menjalankan segala prosesnya dengan sabar”.

2# Tidak Punya Mentor

“Belajarlah dengan ahlinya”
Tidak jarang pebisnis online pemula yang memulai usahanya di online tanpa sosok seorang guru/mentor. Kebanyakan belajar secara otodidak. Inilah yang menghambat perkembangan bisnis. Memang tidak ada salahnya belajar secara otodidak, akan tetapi ini akan menghambat, karena belajarnya yang tidak beraturan. Untuk itu diperlukan seorang mentor yang ahli pada bidangnya. Berbeda dengan otodidak, jika kita belajar dengan seorang mentor, maka akan lebih terarah dan jelas.

3# Overload Teori, Minim Praktek

Kesalahan yang ketiga ini juga sering dilakukan. Kebanyakan para pebisnis online pemula, mereka banyak subcribe email-email para mastah. Yang setiap harinya mengirimkan edukasi di email. Segala materi dipelajari, namun tidak dipraktekkan. Alhasil, Ilmu yang sudah didapat menghilang begitu saja. Bisnis online memerlukan praktek yang berkelanjutan, tidak hanya sekedar teori saja. Solusi yang paling praktis adalah, setelah mendapat materi langsung praktek. Maka anda akan cepat menguasai teknik-teknik yang dipelajari.

4# Takut Keluar Modal

Sejatinya memang tidak ada bisnis yang tanpa modal. Saat kita memulai bisnis, tentu ada modal yang harus dikeluarkan. Entah itu untuk belajar, untuk iklan, beli tools, promosi, dan lain sebagainya. Orang-orang yang penghasilannya milyaran pebulan, tentu modal yang dikeluarkan pun tidak mungkin hanya ratusan ribu. Jadi, modal itu penting untuk perkembanyan bisnis agar bisa cepat maju.

 

Itulah 4 kesalahan umum yang biasa dilakukan pebisnis online pemula. Ini semua pasti akan ditemui, baik secara sadar ataupun tidak sadar.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.