Home Tips & Motivasi 5 Alasan Yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online

5 Alasan Yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online

by Hendry Rudiansyah

Di era internet saat ini, bisnis online bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Banyak orang yang menjadikannya sebagai pendapatan utama mereka. Ada juga yang menjadikannya sebagai bisnis sampingan. Namun, tidak semua orang sukses di bisnis online. Dan tidak semua orang juga bisa memulainya dengan mudah karena alasan-alasan tertentu yang menurutnya menjadi kendala dalam memulai bisnis di internet. Dibawah ini saya sudah rangkum 5 alasan yang harus anda hindari jika ingin memulai bisnis online.

1# Tidak Punya Modal

Seringkali saya mendengar alasan seperti ini. Ketika ingin memulai bisnisnya selalu beralasan tidak punya modal. Memang tidak ada bisnis yang tidak mengeluarkan modal. Tapi alasan seperti ini sebaiknya anda hindari. Karena persoalannya bukanlah pada modal, tetapi mau atau tidak. Sebenarnya, jika anda bisa membaca artikel ini pun anda sudah punya modal. Karena setidaknya anda pasti punya smartphone dan social media. Modal tidak harus berbentuk uang, tetapi tekat, kenginginan yang kuat untuk berkembang itu juga bagian dari modal. Setidaknya anda bisa memulai bisnis sebagai dropshiper terlebih dahulu. Manfaatkan smartphone dan social media yang anda punya untuk berbisnis.

2# Gaptek

Alasan yang kedua ini juga seringkali di ucapkan oleh orang yang akan memulai bisnis online. “Saya ingin bisnis online, tapi saya gaptek”. Kurang lebih seperti itu bunyinya. Jangan bangga punya status gaptek! Artinya, jika anda terus-terusan alasan gaptek lah, tidak tau teknologi lah, ini hanya menghambat perkembangan anda. Solusinya adalah belajar, belajar, dan belajar. Jika anda hanya beralasan saja seperti itu tetapi tidak ada keinginan untuk belajar, sampai kapanpun anda tidak akan bisa memulai bisnis online.

3# Tidak Punya Produk Untuk Dijual

Alasan ketiga ini juga sering terdengar oleh saya. Jika anda tidak punya produk untuk dijual, solusinya adalah anda bisa memulai dengan bisnis dropship atau bisnis affiliate. Kedua bisnis ini tidak mengharuskan anda punya produk sendiri, namun bisa memberikan keuntungan buat anda. Jika anda belum tau apa itu dropship atau apa itu affiliate, silakan baca postingan blog saya sebelumnya disini.

4# Banyak Saingan

Alasan seperti ini juga harus anda hindari. Sebab, dimana pun anda berbisnis, baik online maupun offline tentu banyak saingannya. Justru disitulah yang nantinya akan menunjukkan prestasi anda. Jangan fikirkan saingan anda, tapi fokuslah pada keinginan anda.

5# Prosesnya Lama ( Tidak Instan )

Tidak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa bisnis online itu prosesnya lama. Harus bikin website lah, bikin ini lah, itu lah, harus punya software pendukung lah, apalah-apalah.
Pada dasarnya tidak ada yang instan, semua perlu proses. Jika anda ingin sukses berbisnis, jalanilah prosesnya. Ingat teori Malcolm Gladwell…?? Dia mengatakan bahwasanya “Sukses adalah rangkaian dari latihan dan praktek yang berkelanjutan, tiada henti. Berlatih hingga 10.000 jam akan menjadikan seseorang ahli pada bidangnya.”

Itulah 5 alasan yang harus dihindari jika ingin memulai bisnis online. Dari kelima alasan-alasan tersebut, anda hanya perlu mengubah cara berfikir anda sendiri. Dari negatif menjadi positif.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.