Home Tips & Motivasi 5 Cara Meningkatkan Kreativitas

5 Cara Meningkatkan Kreativitas

by Hendry Rudiansyah

Pernahkah Anda mengalami pikiran tiba-tiba blank. Contoh ketika kita ingin menulis tiba-tiba terhenti kehabisan kata-kata. Atau ketika ingin update status di media sosial tapi bingung mau update apa. Atau mengalami kebuntuan ketika ingin menyelesaikan masalah yang dihadapi. Yes, itu disebabkan kurangnya kreativitas dalam diri kita.

Berdasarkan penjelasan di Wikipedia, kreativitas (daya cipta) adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan. Di artikel lain juga menjelaskan bahwa kreativitas adalah prinsip kebaruan. Yang artinya sesuatu gagasan baru yang muncul dalam pikiran kita.

Mungkin Anda seringkali berpikir bahwa kreativitas hanyalah milik sebagian orang saja, seperti penulis, ilmuwan, atau artis. Tidak, kreativitas merupakan kemampuan alami manusia yang dianugerahkan oleh Allah seperti saat kita bernafas. Setiap orang mampu memiliki kreativitas yang tinggi karena dia menginginkannya. Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Kreativitas sama seperti otot kita, bila tidak kita latih dan gunakan secara baik, maka otot akan kehilangan kekuatannya.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kreativitas dalam diri kita ?
Untuk menjadi kreatif, Anda tidak perlu memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi. Banyak orang yang memiliki IQ tinggi tetapi  tidak dapat melakukan apa-apa untuk membuat hidupnya lebih baik.
Berikut saya berikan beberapa tips atau cara meningkatkan kreativitas dalam diri Anda.

1- Berpikir Positif

Pikiran yang positif akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri dan optimis dalam melakukan apapun yang Anda inginkan. Dengan begitu, pikiran Anda akan semakin terbuka lebar untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi. Dan akan semakin banyak gagasan-gagasan yang muncul dalam pikiran Anda.

2- Banyak Membaca

Dalam otak manusia terdapat bagian yang bernama Neocortex, atau kita lebih mengenalnya sebagai otak kanan otak kiri. Neocortex berfungsi untuk memproses data dan menyimpulkan kemudian membagikannya kepada kedua bagian otak lainnya. (otak tengah dan otak reptil).
Banyak membaca buku, majalah, atau artikel blog akan menambah wawasan dan ilmu baru dalam diri Anda. Terlebih saat Anda membaca buku yang memang benar-benar sesuai dengan passion Anda. Kreativitas Anda akan lebih cepat meningkat.

3- Ikuti Mood / Tenangkan Pikiran

Pasti sering dengar istilah “Bad Mood” kan? Yes, ketika seseorang sedang bad mood, biasanya malas melakukan pekerjaan apapun sekalipun dipaksa. Mereka tidak akan bisa bekerja maksimal.
Menurut Adam Anderson, seorang professor psikologi di University of Toronto, “kunci yang akan membuka potensi kreatif Anda adalah dengan menjadi happy!” Yes, dengan suasana hati yang sedang happy, maka otak pun akan semakin fresh untuk berpikir.

4- Sering Mendengarkan Orang Lain

Bangunlah kebiasaan berkomunikasi, atau sharing-sharing dengan mentor, guru, orang tua, teman, atau siapa pun yang Anda anggap mampu memberikan motivasi atau menyelesaikan masalah Anda. Dengan mendengarkan nasihat-nasihat dari orang lain akan membuka pikiran Anda.

5- “Kosongkan Gelas”

Ini berkaitan dengan point nomor 4. Ketika Anda mendengarkan nasihat-nasihat orang lain, maka Anda harus “mengosongkan gelas” pikiran Anda. Maksudnya adalah Jangan berpikir bahwa Anda bisa melakukan tanpa orang lain. Atau berkata “Ahh, cuma gitu aja…” Karena dengan begitu, nasihat apapun yang diberikan orang lain tidak akan masuk kedalam hati Anda. Dan akan hilang begitu saja. Maka dari itu “kosongkan gelas” pikiran Anda pada saat mendengarkan orang lain berbicara.

Itulah beberapa tips atau cara meningkatkan kreativitas dalam diri Anda. Anda bisa praktekkan kapanpun Anda mau. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.