Home Bisnis Online 6 Hal Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Toko Online

6 Hal Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Toko Online

by Hendry Rudiansyah

Toko online adalah sebuah sarana atau tempat berbelanja yang semua prosesnya dilakukan secara otomatis dengan menggunakan jaringan internet.
Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan toko online atau e-commerce tertinggi di dunia. Hal ini disebabkan karena makin banyaknya pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun kecil yang beralih dan mengembangkan usahanya di ranah digital.
Berdasarkan Data Sensus Ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik (BPS), industri e-Commerce Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh sekitar tujuh belas persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit.
Sementara itu, riset global dari Bloomberg menyatakan, pada 2020 lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat di aktivitas e-commerce.

Dengan melihat data tersebut, artinya bisnis toko online akan semakin maju dari tahun ketahunnya. Inilah salah satu alasan bahwa Anda perlu memiliki toko online untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

Sebuah toko online pada umumnya berbasis website. Untuk membuat toko online dibutuhkan beberapa hal berikut ini :

1- Domain & Hosting

Domain adalah nama toko Anda. misalnya tokoanda.com, pranajastore.com, dan lain-lain. Sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file website toko online Anda. Anda bisa mendapatkan domain & hosting di tampat-tempat provider hosting seperti niagahoster, idhostinger, idwebhost, dewabiz, dan lain-lain.

2- Theme / Template Professional

Theme atau template merupakan bagian penting dari website toko online. Template yang professional dan enak dilihat akan membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung kembali, bahkan membeli. Anda bisa dapatkan theme-theme professional di themeforest.com, atau di tempat penjual theme premium lainnya.

3- Integrasi Ongkos Kirim

Agar pengunjung dapat melihat berapa biaya ongkos kirim ke tempatnya, maka diperlukan sebuah alat hitung ongkir otomatis. Jika Anda membuat toko online dengan platform wordpress, Anda bisa menginstall plugin ongkos kirim otomastis yang banya dijual oleh para developer. Contohnya seperti raja ongkir, indo ongkir, dan lain-lain. Atau jika Anda ingin lebih hemat dalam mengeluarkan biaya, Anda bisa beli theme yang sudah terintegrasi dengan ongkos kirim otomatis.

4- Payment Gateway

Memberikan berbagai jenis pilihan pembayaran akan meningkatkan konversi sales lebih tinggi. Dengan pilihan pembayaran yang lengkap, maka calon customer pun merasa semua keinginannya terpenuhi.

5- Fitur Live Chat

Pengunjung selalu menginginkan respon yang cepat ketika ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan toko online Anda. Disinilah dibutuhkannya fitur live chat, sehingga customer bisa langsung bertanya di live chat, tanpa harus mengirimkan tiket/email.

6- Integrasi Dengan Pixel Facebook & Google Remarketing

Ini sebenarnya tambahan, tetapi jika ingin toko online Anda berkembang, Anda harus memiliki Pixel Facebook & Google Remarketing. Fungsinya yaitu untuk menyimpan segala aktifitas pengunjung selama berada didalam toko online Anda. Yang nantinya Anda bisa retargeting dengan facebook ads atau google adwords. Inilah salah satu yang dilakukan toko online besar seperti lazada, bukalapak, shopee, dan lain-lain.

Itulah 5 hal yang dibutuhkan untuk membuat toko online yang evergreen. Untuk memenuhi semuanya, tentunya ada investasi yang harus Anda keluarkan. Untuk pebisnis online pemula, biasanya agak keberatan mengeluarkan investasi untuk hal nomor 1. Padahal itu adalah “rumah” bagi bisnisnya.

Akan tetapi saat ini, Ada sebuah terobosan baru toko online di Indonesia. Yaitu toko online didalam messenger, tanpa domain & hosting. Layaknya toko online biasa, toko online messenger ini pun mampu melayani customer dari mulai memilih produk, belanja, hingga transfer, tanpa harus keluar messenger. Semuanya dilakukan secara otomatis didalam system toko online messenger ini. Info selengkapnya Anda bisa ikuti tautan berikut

TOKO ONLINE MESSENGER

Untuk membuat toko online messenger ini Anda tidak perlu menyewa domain & hosting. Tapi sayangnya tools ini dijual sangat terbatas oleh vendor.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.