Home Social Media Marketing 7 Langkah Optimasi Facebook Untuk Jualan

7 Langkah Optimasi Facebook Untuk Jualan

by Hendry Rudiansyah

Social media saat ini merupakan tempat yang paling populer untuk orang berbagi kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak hanya itu, banyak diantaranya yang menjadikan social media menjadi social selling. Zaman internet seperti saat ini, memang sangat memberikan kemudahan orang untuk menemukan penghasilan sampingan dari pekerjaan utama mereka. Contohnya adalah bisnis online.

Facebook merupakan social media yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk menjalankan bisnis. Bagaimana tidak, facebook saat ini sudah mencapai 2 milyar usr aktif di seluruh dunia. Indonesia sendiri berada di peringkat ke 4 dengan total kurang lebih 126 juta pengguna aktif. Oleh karena itu, peluang untuk menghasilkan uang dari facebook sangat besar. Banyak yang menggunakan facebook untuk jualan, akan tetapi masih banyak yang belum tahu cara optimasinya agar lebih powerfull.

Berikut ini adalah 7 langkah optimasi facebook untuk jualan

1# Buat Akun Sesuai Dengan Bisnis Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun facebook. Buatlah akun facebook sesuai dengan niche bisnis anda. Artinya Beri nama akun facebook anda sesuai dengan bisnis anda atau produk yang anda jual. Contohnya seperti Grosir Hijab Jakarta, Toko Gamis Bekasi, Jaket Original Bandung, dan sebaginya. Mengapa harus seperti itu? Alasannya tidak lain adalah agar trust customer terhadap anda tinggi.

2# Setting Dasar Akun

Yang kedua setting akun anda sesuai dengan bisnis anda. Seperti foto profil, alamat toko, nomor telepon, email, dan sebagainya. Dengan begini customer akan menganggap anda serius dalam bisnis anda, dan mereka akan mudah untuk menghubungi anda. Dan jangan lupa setting postingan ke publik agar jangkauan postingan anda ebih luas.

3# Add Friend Tertarget

Langkah ketiga adalah add friend tertarget. Maksudnya adalah anda add orang orang yang benar-benar interest dengan bisnis anda atau dengan produk yang anda jual. Ini bisa anda lakukan dengan mencari di grup atau fanpage yang sejenis dengan bisnis anda. Anda bisa add orang-orang yang ada disana. Itulah yang dimaksud traffic tertarget.

4# Buat Konten Menarik

Kemudian buat konten yang menarik. Artinya jangan mentang-mentang anda jualan, selalu posting promosi produk anda. Kalau seperti itu terus, orang pun akan jenuh melihatnya. Sekali-kali postinglah konten yang menarik seperti motivasi, sharing, humor, dan lain-lain.

5# Join Grup

Yang kelima join di grup yang sesuai bisnis anda. Banyak grup di facebook tentang bisnis online, anda bisa join disana. Dan pastikan admin grup mengizinkan anda posting promosi atau jualan di grup itu. Agar postingan anda tidak dianggap spam. Selain dapat berpromosi juga anda bisa mendapatkan calon customer yang interest dengan produk anda disana.

6# Posting Di Saat Jam Ramai Facebook

Posting disaat jam ramai di facebook. Sepengalaman saya, jam-jam ramai orang online di facebook ada 4 kali dalam sehari. Yaitu pagi jam 7 s/d 9, dimana orang akan memulai pekerjaan. Banyak orang yang online di facebook sebelum memlai pekerjaanya. Kemudian jam 11-13 siang. Ini adalah jam istirahat orang kerja, dan mereka banyak yangonline saat istirahat. Lalu jam 5 sore sampai jam 7 malam. Disini adalah waktu orang selesai bekerja. Dan biasanya sebelum pulang mereka banyak online sebelum pulang kerumah. Dan yang terakhir jam 9 – 11 malam sebelum tidur.

7# Gunakan Gambar Atau Video HD Dalam Postingan

Yes, agar postingan anda dilihat dengan baik oleh audien, maka gunakanlah gambar atau video yang berkualitas tinggi. Karena orang akan lebih jelas melihat produk yang anda tawarkan, sehingga akan meningkatkan interest mereka terhadap prosduk anda.

Itulah 7 langkah optimasi akun facebook untuk jualan yang bisa anda lakukan dengan mudah. Apalagi sekarang zaman sudah canggih, anda bisa mengguankan bantuan tools facebook marketing untuk mempercepat kerjaan anda di facebook. Tools untuk facebook marketing bisa anda dapatkan di marketplace ratakan atau idaff, disana banyak yang jual tools facebook marketing.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.