Home Marketing Apa Itu Micro Blog ? Tren Content Marketing Saat Ini

Apa Itu Micro Blog ? Tren Content Marketing Saat Ini

by Hendry Rudiansyah

Anda mungkin tidak asing lagi ketika mendengar kata “blogging”. Blogging merupakan kegiatan menulis konten dalam sebuah website yang dikelola, dengan tujuan memberikan manfaat bagi orang yang membacanya.
Lalu pernahkah Anda mendengar istilah “Micro Blog”? Ini memang bukan sesuatu yang baru.
Mungkin Anda sering melihat tulisan-tulisan di media sosial yang lumayan panjang, namun enak dibaca seperti sebuah thread di twitter. Atau mungkin beberapa gambar yang tersusun rapi serta menyajikan konten yang menarik seperti di Instagram atau facebook. Seperti itulah gambaran tentang micro blog.

Apa Itu Micro Blog ?

Micro blog adalah sebuah konten singkat yang biasanya dibawah 200 kata. Micro blog bisa berbentuk tulisan, gambar, video, ataupun tautan. Istilah micro blog mungkin baru-baru ini banyak diperbincangkan di kalangan marketer. Namun praktiknya sudah sejak dulu ada. Media sosial merupakan platform yang banyak digunakan untuk melakukan aktivitas micro blogging. Karena media sosial merupakan tampat yang strategis untuk micro blogging.

Platform Yang Populer Untuk Micro Blogging

Media sosial tentu menjadi tempat yang digunakan untuk micro blogging. Karena di media sosial mereka dapat berinteraksi langsung dengan pengguna lain. Lebih spesifiknya, media sosial apa saja yang menarik digunakan untuk micro blogging ?

Twitter

Twitter merupakan platform yang sering digunakan untuk menyebarkan konten pendek. Ini merupakan salah satu channer terkenal untuk micro blogging. Dengan membuat konten dalam bentuk thread (utas) akan membuat nyaman pembaca.

Instagram

Instagram merupakan platform visual konten yang popular. Terlebih generasi millennial saat ini banyak menggunakan Instagram untuk berbagi cerita ke publik. Di Instagram kita bisa membuat micro blog dalam bentuk gambar carousel, sehingga nyaman dibaca. Atau membuatnya kedalam insta story.

Facebook

Media sosial yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Salah satu platform sosial paling populer, Facebook adalah saluran micro blog yang efektif. Pengguna dapat berbagi teks, video langsung, dan lainnya untuk terhubung dengan audience mereka.

Manfaat Micro Blogging

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang sedang popular saat ini. Dan Micro blogging adalah salah satu strategi content marketing yang melibatkan media sosial. Micro blogging banyak digunakan oleh marketer karena memiliki banyak manfaat. Seperti halnya membangun interaksi dengan audience, meningkatkan kredibilitas brand, Dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Karena konten yang dibuat cukup singkat, tidak seperti artikel blog yang panjang.

Perlukah Melakukan Micro Blogging ?

Sebuah survey dari Contently menyatakan bahwa 75% orang lebih suka membaca tulisan dibawah 1.000 kata. Juga penelitian dari NNGroup yang menyatakan bahwa pengguna hanya membaca 20% rata-rata dari keseluruhan konten yang ditampilkan.
Jika melihat data ini, tentu micro blogging sangat diperlukan mengingat mint abaca seseorang masih sangat rendah. Apalagi 52,2% traffic website datang dari perangkat seluler (statista). Dan micro blogging merupakan cara yang tepat untuk menyajikan konten-konten yang ramah seluler.
Dari beberapa faktor itulah micro blogging sangat diperlukan untuk memenuhi konsumsi konten yang semakin berkembang saat ini.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.