Home Bisnis Online Bisnis produk Digital, Bisnis Yang “Menggiurkan”

Bisnis produk Digital, Bisnis Yang “Menggiurkan”

by Hendry Rudiansyah

Produk Digital memang sudah menjadi tren di kalangan internet marketing sejak beberapa tahun belakang. Apalagi di era yang serba digital ini, segala hal yang berhubungan dengan internet pasti ada “peluang” untuk mendatangkan uang. Di tengah-tengah persaingan bisnis yang merajalela ini, tentunya tidak luput dari bisnis produk digital. Mungkin sebagian orang masih awam terhadap produk digital. Atau mungkin Anda sudah lebih dulu menjalankan bisnis produk digital ini.
Jika Anda memang pelaku bisnis produk digital, saya rasa Anda tidak perlu melanjutkan membaca.
Tapi jika Anda belum paham mengenai produk digital, dan ingin tahu bagaimana bisnis produk digital ini bisa sangat menguntungkan, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Apa sih produk digital itu ?

Se-pemahaman saya, produk digital itu adalah produk yang tidak terlihat bentuknya. Tidak bisa kita pegang atau pun kita raba. Tidak bisa ditimbang juga untuk menentukan volume atau beratnya. Hehe..
Produk digital ini biasanya dijual melalui link download. Jadi, sangat berbeda dengan produk fisik yang harus dikirim melalui ekspedisi pengiriman. Produk digital sendiri, bermacam-macam jenisnya. Mari kita bahas satu per satu macam-macam produk digital ini.

Macam-Macam Produk Digital

1. Software

Jenis produk digital ini terbagi menjadi dua. Ada software yang berbasis dekstop, dan ada software yang berbasis web. Perbedaannya adalah, software dekstop harus di install di komputer atau laptop terlebih dahulu, baru kita bisa gunakan. Contoh : photoshop, ms.office, dan lain-lain. Sedangkan software web base, kita tidak perlu install, biasanya hanya perlu login menggunakan akun yang sudah kita buat dari software itu. Namun harus terkoneksi dengan internet. Contoh : tool social media, tool pembuat landing page.

2. E-Course (Kursus Online)

Jenis produk ini biasanya menyajikan sebuah pembelajaran, tutorial atau sebuah panduan tertentu. Bentuk produk digital ini biasanya terbagi menjadi dua. Yaitu dengan format ebook (pdf) dan format video mp4.

3. Template Desain Grafis

Produk yang satu ini merupakan template-template desain grafis (done for you), sehingga pembelinya hanya perlu edit sedikit saja sesuai kebutuhannya. Contohnya seperti template video, logo, banner. Formatnya pun bermacam-macam. Ada yang untuk photoshop, adobe illustrator, powerpoint, dan sebagainya.

4. WordPress Theme & Plugin

Sebagai salah satu CMS (Content Management System) terfavorit, wordpress juga bisa menjadi media yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis produk digital. Untuk jenisnya adalah Theme & Plugin.
WordPress theme adalah sebuah template website untuk CMS wordpress. Sedangkan plugin adalah aplikasi pendukung wordpress untuk fitur-fitur tertentu yang ingin kita tampilkan di halaman website.

5. Others (Lainnya)

Sebenarnya, jika kita sebutkan satu persatu masih terlalu banyak macam-macam produk digital. Diantaranya adalah Music Track. Music track biasa digunakan untuk backsound sebuah video. Ada juga produk digital yang berbentuk Webinar (seminar online), grup mentoring premium, palikasi mobile, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah macam-macam produk digital yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan income.

Bagaimana bisnis produk digital ini bisa sangat menggiurkan ?

Bicara tentang produk digital, tentunya banyak sekali keuntungan yang bisa kita raih dari bisnis produk digital. Diantaranya adalah :

Yang pertama, Produk digital ini hanya perlu produksi 1 kali. Dan kemudian bisa kita jual berkali-kali.
Yang kedua, margin produk yang sangat tebal/besar. Mengapa bisa besar ?
Seperti yang pertama saya sebutkan, bahwa produk digital ini hanya membutuhkan produksi 1 kali. Simpelnya adalah, kita membuat satu produk yang bisa kita jual untuk ratusan bahkan ribuan orang.
Yang ketiga, tidak memerlukan ekspedisi untuk delivery produk. Kita hanya perlu mengirimkan link produk yang telah dibeli oleh buyer untuk bisa di akses. Sehingga tidak membutuhkan waktu berhari-hari untuk produk itu sampai kepada pembeli.

Begitulah sedikit penjelasan macam-macam produk digital, dan bagaimana bisnis produk digital bisa sangat menguntungkan.
Jika Anda ingin belajar cara berbisnis produk digital, saya memiliki rekomendasi yang tepat untuk Anda. Yakni sebuah ecourse yang membahas dan mengajarkan secara lengkap tentang bisnis produk digital.
Namanya Pro Mastery. Didalam Pro Mastery Anda akan belajar secara detail tentang produk digital dan bagaimana membangun bisnis produk digital. Silakan Anda kunjungi tautan ini untuk informasi lebih lanjut.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.