Home Bisnis Online Ingin Sukses Di Bisnis Online ? Terapkan Faktor 3M Ini

Ingin Sukses Di Bisnis Online ? Terapkan Faktor 3M Ini

by Hendry Rudiansyah

Bisnis online saat ini memang sangat berkembang pesat di Indonesia, bahkan di dunia. Namun dalam membangun bisnis online tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bisnis online yang berhasil selalu di tunjang dengan pondasi yang kuat.

Layaknya membangun sebuah rumah, yang pertama harus dilakukan adalah membangun pondasi terlebih dahulu. Agar rumah yang akan ditempati kokoh dan nyaman. Begitu pula dalam bisnis online. Sebelum memulai bisnis online, sebaiknya kita membangun pondasinya terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan karena terpancing melihat sreenshoot earning teman / mastah yang sudah berhasil.

Ada 3 faktor yang menjadi pondasi dalam membangun bisnis online. Saya menyebutnya dengan faktor 3M. Apa faktor 3M itu ? mari kita bahas satu per satu.

Mindset

M yang pertama adalah Mindset. Mindset menjadi pondasi yang pertama dalam bisnis online. Mindset yang diperlukan disini bukanlah mindset ingin cepat sukses. Mindset yang perlu diterapkan adalah bahwa kita siap menjalankan dan menikmati setiap prosesnya. Tidak ada hasil instan, tidak ada jalan pintas untuk sukses. Semua harus di jalani secara perlahan dan terstruktur.

Mental

M yang kedua adalah Mental.
Ahh,, bisnis online gak perlu mental kuat, kan jalaninnya juga lewat internet… “
Siapa bilang ?!
Meskipun bisnis yang dijalankan hanya lewat internet, mental tetap harus disiapkan. Lalu mental seperti apa yang perlu disiapkan ?
Ya, mental bahwa membangun bisnis itu tidak mudah. Mental pantang menyerah, mental bahwa jualan itu tidak selalu laku, dan lain sebagainya. Ini yang perlu disiapkan agar kita tidak “kaget” saat menghadapi kesulitan-kesulitan dalam bisnis online. Jangan sampai nantinya baru sekali gagal, kemudian berhenti.

Modal

Yang terakhir adalah Modal.
Hati-hati, banyak yang salah kaprah tentang ini. Ketika berbicara tentang modal, banyak yang beranggapan bahwa modal sama dengan uang. Ini salah besar. Uang hanya bagian dari modal. Ada yang lebih penting dari uang. Apakah itu ?
Modal yang paling utama adalah Relasi. Bangunlah relasi yang baik dengan mentor, teman, keluarga, supplier, hingga customer. Inilah modal berharga dalam sebuah bisnis. Tanpa relasi yang baik, bisnis akan sulit dijalankan. Begitu pun sebaliknya, jika kita berhasil membangun relasi yang baik, maka bisnis pun akan baik.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.