Home Google Ads Jenis-Jenis Kampanye Di Google Ads

Jenis-Jenis Kampanye Di Google Ads

by Hendry Rudiansyah

Google Ads merupakan media periklanan yang banyak digunakan oleh pebisnis online. Beriklan dengan google ads adalah referensi lain ketika seseorang ingin mendapatkan peringkat di google “lebih cepat”.
Namun beriklan di google ads juga tidak semudah yang dibayangkan. Seseorang harus memiliki mindset serta mental yang kuat untuk beriklan.

Didalam struktur google ads, ada yang disebut dengan kampanye. Didalam kampanye tersebut, kita harus menentukan goal iklan serta biaya yang ingin kita keluarkan. Setiap kampanye akan mementukan dimana iklan akan ditayangkan dan dalam format apa. Berikut beberapa jenis kampanye dialam google ads.

Search Ads (Iklan Pencarian)

Iklan pencarian banyak digunakan seseorang ketika ingin memasarkan produk atau bisnisnya. Iklan pencarian akan muncul di halaman atas & bawah hasil penelusuran. Saat orang mengetikkan istilah pencarian yang relevan dengan iklan kita di mesin pencari. Jenis kampanye ini dapat digunakan untuk objective Traffic, Sales dan Leads.

Display Ads (Iklan Tampilan)

Display Ads merupakan iklan dalam bentuk banner dengan berbagai ukuran. Bisa berupa gambar maupun tulisan. Display Ads muncul diberbagai situs maupun aplikasi. Cara penargetan iklan ini berdasarkan minat (interest), dan akan ditampilkan berdasarkan konten yang terkait dengan bisnis Anda. Kampanye ini bisa digunakan untuk objective seperti Awareness, Traffic, Sales dan Leads. Kampanye ini juga bisa digunakan untuk membuat iklan remarketing.

Video Ads (Iklan Video)

Iklan video akan tampil dijaringan youtube, aplikasi, serta situs-situs lain yang relevan. Iklan video bayak digunakan untuk menarik parhatian audience (branding). Jenis kampanye ini bisa digunakan untuk objective Awareness, Traffic, Sales, dan Leads.

Shopping Ads (Iklan Belanja)

Mirip dengan iklan pencarian. Shopping Ads muncul bagian atas dan samping hasil pencarian. Namun bedanya jenis kampanye ini menampilkan gambar produk, nama produk, harga dan nama toko. Untuk membuat kampanye ini Anda perlu terintegrasi dengan merchant center. Kampanye shopping ads dapat digunakan untuk objective traffic dan sales.

App Ads (Iklan Aplikasi)

Iklan aplikasi digunakan jika Anda ingin mengarahkan audience untuk mendownload aplikasi Anda. Iklan aplikasi akan muncul dihalaman hasil pencarian, youtube, google play, dan juga situs-situs lain. Jenis kampanye ini hanya bisa digunakan untuk objective App Promotion.

Itulah beberapa jenis kampanye didalam google ads. Pilihlah kampanye berdasarkan objective iklan Anda. Anda juga bisa menonton video dibawah ini untuk lebih memahami jenis-jenis kampanye ini.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.