Home Bisnis Online Ketahui Ini, Sebelum Memulai Bisnis Online

Ketahui Ini, Sebelum Memulai Bisnis Online

by Hendry Rudiansyah

Seringkali kita melihat di media sosial banyak sekali para pebisnis online yang bertebaran. Bahkan tidak jarang dari mereka yang memposting screenshot earning mereka dari bisnis online. Tentu ini sangat menggiurkan sekali. Jika anda belum terjun di bisnis online, saya yakin sekali anda akan tergiur jika melihat penghasilan yang didapat dari bisnis online. Tapi, bisnis online tidak bisa kita mulai begitu saja tanpa basic knowledge. Anda tidak bisa “asal” berbisnis di dunia online. Anda harus mengetahui beberapa hal dibawah ini sebelum menjalankan bisnis online.

JENIS-JENIS BISNIS ONLINE

Jika anda ingin memulai bisnis online, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bisnis online. Karena ini akan menjadi langkah awal untuk anda menjalankan bisnis online. Berikut ini adalah jenis-jenis bisnis online yang perlu anda ketahui :

  1. Dropship, adalah bisnis yang melibatkan 3 pihak. Yaitu, anda (drposhiper), supplier dan customer. Konsepnya adalah dropshiper memasarkan produk supplier, kemudian customer membeli melalui dropshiper, lalu dropshiper order produk ke supplier, dan supplier akan kirim prosuk langsung ke customer atas nama anda (dropshiper).
  2. Affiliate, adalah suatu bisnis dimana anda sebagai affiliate marketer, membantu memasarkan produk orang lain dengan cara menyebarkan link affiliasi yang sudah didapat. Jika ada orang yang klik link tersebut lalu membeli produknya, makan si affiliate marketer tersebut akan mendapatkan komisi dari vendor produknya.
  3. Produk Creator, adalah orang yang mebuat produk sendiri untuk dijual secara online. Biasanya yang dibuat berupa produk digital yang nantinya akan dibantu dipromosikan oleh para affiliate marketer.
  4. Adsense, adalah bisnis yang menampilkan iklan di website, dan jika ada yang klik iklan tersebut maka si pemilik website akan mendapatkan komisi.
  5. E-commerce. adalah bisnis toko online. atau orang yang menjual produknya dengan membuat blog/website toko online sendiri.
  6. PLR, adalah singkatan dari Private Label Right. Adalah suatu produk dimana didalamnya terdapat lisensi untuk anda dapat edit, claim sebagai pemiliknya, bahkan sampai menjual kembali produk tersebut. Biasanya ini produk digital.

Itulah beberapa jenis bisnis online yang perlu anda ketahui.

MACAM-MACAM PRODUK

Pada dasarnya produk terbagi menjadi 3 macam, yaitu :

  1. Produk Fisik, adalah produk yang bisa kita lihat, pegang, dan rasakan bentuknya. Seperti pakaian, tas, sepatu, gadget, elektronik, dan lain-lain.
  2. Produk Digital, adalah produk yang tidak bisa kita pegang, lihat, dan rasakan bentuknya. tetapi kita bisa mendapatkan manfaat dan ilmu dari produknya. Contohnya software, video, audio, e-book, dan lain-lain.
  3. Produk Jasa, Jasa disini adalah orang yang menjual keahliannya. Seperti jasa pembuatan website, jasa pembuatan design grafis, jasa pembuatan video, dan lain-lain.

MARKETING TOOLS / ALAT PROMOSI

Tidak hanya bisnis offline, di bisnis online pun perlu yang namanya marketing tools atau alat promosi. Agar informasi produk atau jasa yang kita tawarkan lebih cepat sampai kepada calon buyer. Tools yang perlu anda miliki untuk berbisnis online adalah PC atau Laptop, smartphone, koneksi internet, website, social media, aotoresponder, juga sotfware pendukung yang diperlukan (sesuai kebutuhan). Anda juga membutuhkan teknik SEO (Search Engine Optimizaation. Supaya website anda selalu ada di peringkat teratas halaman mesin pencari.

ETIKA BERBISNIS

Meskipun bisnis online ini tidak ada cctv yang mengawasi, tetapi anda harus tatap beretika dalam berbisnis. Intinya adalah kejujuran. Misalnya ada suatu produk digital yang boleh dijual kembali ada yang tidak. Jika dalam suatu produk berlisensi boleh untuk dijual kembali, itu berarti anda boleh menjualnya kembali. Begitupun sebaliknya, jika dalam suatu produk berlisensi hanya untuk projek sendiri, maka anda harus ikuti. Anda tidak boleh menjual kembali atau membagikannya kepada orang lain. Bebisnislah dengan jujur, insya Allah rezeki selalu mengalir.

Itulah beberapa hal standar yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis online. Yang perlu diingat adalah bahwa didalam berbisnis anda tidak hanya memikirkan diri anda sendiri, tapi juga customer anda.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.