Home Google Ads Memahami Struktur Google Ads

Memahami Struktur Google Ads

by Hendry Rudiansyah

Saat menjalankan digital advertising tentunya kita tidak bisa asal-asalan. Ada Langkah-langkah yang perlu kita terapkan agar iklan yang kita jalankan sesuai dengan goal kita. Didalam google ads sendiri, ada beberapa bagian yang perlu kita pahami terlebih dahulu, agar kita lebih mudah memahami step-by-step beriklan dengan google.

Seperti sebuah organisasi, google ads memiliki sebuah struktur yang perlu kita pahami. Didalam struktur ini terdapat beberapa bagian dari kepala hingga kaki. Jika digambarkan, seperti inilah struktur google ads.

Mari kita bahas satu per satu 4 rangkaian sruktur Google Ads ini.

Account

Yang pertama adalah account (akun). Yes, kita wajib memiliki akun jika ingin beriklan dengan google ads. Akun google ads bisa dibuat menggunakan gmail yang merupakan salah satu keluarga google juga. Ada 3 komponen yang termasuk dalam ruang lingkup akun. Yaitu email, password dan billing information. Email dan password digunakan untuk login kedalam akun (sama dengan gmail), sedangkan billing information merupakan cara pembayaran yang kita gunakan. Metode pembayaran yang bisa digunakan adalah kartu kredit/debit, serta bank transfer.

Campaign (Kampanye)

Campaign merupakan tujuan atau goal kita dalam beriklan. Ada beberapa goal iklan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Jika tujuan kita beriklan ingin mendapatkan banyak traffic ke website, maka kita bisa pilih website traffic. Jika kita ingin mendapatkan prospek, maka yang dipilih adalah leads (prospek). Juga goal-goal iklan lainnya seperti download aplikasi, mendapatkan konversi penjualan, awareness, dan sebagainya.

Ad Group (Grup Iklan)

Ad Group didalam google ads merupakan tempat pengelompokkan kata kunci yang ingin kita targetkan. Disini kita juga bisa mensegmentasi target market kita berdasarkan kata kunci. Jadi, dalam satu kampanye kita bisa membuat beberapa grup iklan. Masing-masing grup dapat kita isi dengan kata kunci yang sudah kita segmentasi sebelumnya. Tujuannya adalah agar iklan yang kita buat lebih tepat sasaran.

Ad (Iklan)

Ini merupakan format iklan yang ingin kita buat. Format iklan meliputi judul, deskripsi, URL tujuan. Format iklan yang baik harus menyertakan kata kunci yang ditargetkan didalam judul dan deskripsi. Kita juga bisa menambahkan extensi seperti nomor telepon, site link, dan sebagainya.

Itulah gambaran dari struktur google ads. Anda juga bisa menton video dibawah ini untuk mempelajari tentang Google Ads Structure.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.