Home Video Marketing Pahami 4 Jenis Video Ini, Jika Ingin Bermain Video Marketing

Pahami 4 Jenis Video Ini, Jika Ingin Bermain Video Marketing

by Hendry Rudiansyah

Sejak tahun 2017 lalu, konten video sudah mulai menguasai dunia internet. Terutama di kalangan pebisnis online. Karena faktanya, video bisa meningkatkan penjualan hingga 150%. Data lain juga menyatakan bahwa setelah melihat video, lebih dari 60% orang akan membeli produk secara online.
Belum lagi di mesin pencari google, konten video memiliki kemungkinan 50 kali lebih besar untuk tampil di halaman pertama. Dan juga facebook, pada perubahan algoritma terakhir, sosial media milik Mark Zuckerberg ini lebih mengutamakan konten video daripada tulisan.

Namun, setiap video pastinya memiliki tujuan berbeda-beda. Beda tujuan, beda jenis videonya.
Dibawah ini adalah 4 jenis video yang perlu kita ketahui, supaya tidak salah menempatkan video berdasarkan tujuannya.

1. Video Edukasi (Soft Selling)

Video ini adalah jenis video yang tujuannya bukan untuk sales atau penjualan. Tapi goal nya adalah memberikan edukasi kepada audience kita. Video ini cocok untuk Anda yang sedang membangun brand. Anda bisa memberikan video edukasi tentang brand atau produk Anda, sehingga audience Anda akan mengenal Anda.

2. Video Komersil (Commercial Video)

Jenis video ini adalah video yang dibuat dengan bertujuan untuk menjual sebuah produk atau jasa. Video ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki pelanggan setia. Tapi, jika Anda masih “baru” dimata pelanggan, jangan gunakan video ini untuk melakukan pendekatan. Mereka tidak akan nyaman jika baru kenal langsung “dijuali”.

3. Video Tutorial (How To)

Beda tipis dengan jenis video pertama. Tapi ini lebih mengarah kepada panduan video. Dengan video ini, kemungkinan orang untuk respect terhadap kita juga semakin besar. Video ini cocok untuk Anda yang suka sharing-sharing ilmu atau cara-cara untuk hal-hal tertentu. Apalagi jika video tutorial ini berkaitan dengan bisnis Anda.

4. Video Explainer

Tipe video ini biasanya tidak menggunakan orang atau barang sebagai object & kontennya. Video ini biasanya menggunakan tipe animasi. Biasanya untuk membuat video seperti ini lebih mudah menggunakan powerpoint. Apalagi sekarang banyak yang menjual template-template video dari powerpoint. Sehingga semakin mudah untuk membuatnya.

Itulah 4 jenis video yang perlu kita ketahui. Sekarang Anda bisa mengetahui jenis video mana yang cocok untuk bisnis Anda.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.