Home Facebook Ads Salah Kaprah Beriklan Dengan Facebook Ads

Salah Kaprah Beriklan Dengan Facebook Ads

by Hendry Rudiansyah

Facebook tetap menjadi media paling populer untuk menyebarkan cerita, berita, bahkan promosi penjualan. Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa saat ini Facebook banyak digunakan untuk “jualan”. Ada yang memanfaatkan Facebook personal, ada juga yang “berani” berinvestasi menggunakan Facebook Ads. Ya, selain update status di Facebook personal, beriklan dengan Facebook Ads juga merupakan salah satu cara untuk promosi agar lebih efektif. Tapi sayangnya, masih banyak yang salah kaprah dengan Facebook Ads.

Tidak sedikit orang yang baru beriklan di Facebook mempunyai ekspektasi besar didalamnya. Mereka ingin banyak orderan masuk setelah menjalankan iklan. Padahal, tugas dari Facebook Ads bukanlah untuk “menghasilkan sales”. Tapi tugas Facebook Ads ialah untuk “mendatangkan banyak traffic” untuk melihat penawaran kita.
Sementara untuk mendapatkan sales dari Facebook Ads itu tergantung bagaimana “funneling-nya”. Promosi dengan Facebook personal, Facebook Ads, atau pun yang lainnya, kuncinya adalah “funnel”.
Mengapa banyak orang yang beriklan di Facebook berhasil menjual ribuan pcs dan dapatkan profit besar ?
Karena produknya sudah dibungkus dengan funnel yang menarik, kemudian di boost dengan iklan yang menjangkau jutaan orang.

Funnel adalah Alur dari mulai visitor berkunjung, melihat, membaca penawaran hingga beli produk kita. Masing-masing produk berbeda-beda funnel nya. Produk seharga puluhan ribu dengan produk seharga jutaan rupiah funnel nya beda. Artinya sebelum beriklan kita perlu memahami funnel produk kita. Mempersiapkan funnel yang baik itu artinya Anda mempersiapkansebuah campaign yang profitable.

Facebook Ads memang sumber traffic yang sangat menggiurkan. Tapi jika kita tidak memiliki funnel yang tepat, promosi produk apapun akan susah mendapatkan “winning campaign”.
Tidak sedikit pebisnis online yang mundur, kecewa serta putus asa karena iklannya “boncos” terus. Bukan soal produknya yang tidak convert, tapi kebanyakan mereka hanya “asal beriklan”. Terlalu menganggap jualan apapun akan mudah dengan Facebook Ads. Inilah mindset yang salah dalam beriklan dengan Facebook Ads.
Mungkin dulu, iklan jenis “Engagement” saja sudah bisa menghasilkan profit. Berbeda dengan sekarang, seiring dengan perubahan algoritma Facebook, menjadikan kita harus lebih dalam mempelajari tentang Facebook Ads. Siapa yang paham dengan Funneling, Conversion Ads, Ads Creatives, maka dialah yang akan lebih mudah mendapatkan “winning campaign”.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang Facebook Ads. Mulai dari mindset, funneling hingga conversion, saat ini ada sebuah ecourse yang mengajarkan bagaimana cara beriklan yang tepat dengan Facebook Ads. Selengkapnya, Anda bisa ikuti tautan ini.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.